Monday, December 21, 2015

Keuntungan dan Kerugian Mudik Naik Mobil Bus / Bis



Manfaat dan Resiko Mudik dan Bepergian Menggunakan Bus/Bis
Bus adalah suatu alat transportasi darat yang menggunakan bahan bakar bensin atau solar melalui akses jalan raya yang bisa memuat penumpang lebih dari 20 hingga 60 orang. Jumlah penumpang bus ditentukan oleh besar kecilnya bus dan kapasitas mesin yang membawanya. Seat atau tempat duduk rata-rata bus adalah 20 seat, 22 seat, 30 seat hingga paling banyak 60 seat. Bus selain sebagai alat transportasi mudik dan antar kota atau antar provinsi namun bisa juga sebagai bus pariwisata, bus sekolah dan bus karyawan. Di Jakarta bus juga dijadikan sebagai sarana transportasi umum yang murah dan aman nyaman yaitu busway Trans Jakarta. Naik bus mempunyai banyak keuntungan dan kerugiannya. Apa saja manfaat dan resiko naik bus? oke kita bahas ya..

Kerugian dan Manfaat Mudik Menggunakan Bus :

  1. Salah satu keuntungan mudik menggunaka bus adalah harga tiket yang cukup murah dibandingkan dengan alat transportasi yang lainnya seperti kereta api dan pesawat terbang atau travel.
  2. Fasilitas dari bus pariwisata dan bus antar kota antar provinsi cukup istimewa. selain tempat duduk yang empuk dan nyaman, AC yang dingin anda juga bisa menikmati televisi dan musik yang bisa direquest.
  3. Hanya alat transportasi buslah yang sudah menawarkan free wifi untuk menemani perjalanan anda.
  4. Apabila anda lapar anda tidak usah khawatir karena angkutan bus akan berhenti di rumah makan minimal sekali selama perjalanan. Bahkan bisa dua atau tiga kali. Untuk bus kelas eksequtife anda akan diberikan makanan secara cuma-cuma alias gratis.
  5. Untuk perjalanan dengan jarak yang cukup dekat transportasi bus sangat membantu.
  6. Bagi anda yang suka dengan lagu - lagu yang dibawakan pengamen bus ekonomi merupakan pilihan yang tepat.
  7. Untuk memperoleh tiket cukup mudah dan bisa dipesan atau dibeli pada hari keberangkatan anda. Anda juga bisa memesan beberapa hari sebelumnya agar anda tenang dan tidak takut kehabisan tiket.
  8. Anda tidak perlu khawatir ketinggalan bus, dikarenakan anda bisa ikut pada bus dibelakangnya yang penting masih 1 nama. Namun ini hanya untuk bus trayek tertentu.
  9. Bus bisa dan boleh menurunkan penumpang di tempat atau lokasi yang kita inginkan asalkan memang sejalur dengan laju bus tersebut. Jadi anda tidak harus turun di terminal tertentu.
Armada bus yang aman dan nyaman

Kerugian atau Kelemahan dan Resiko Bepergian / Mudik Menggunakan Bus :
  1. Resiko mudik menggunakan bus yang paling pertama adalah waktu tempuh yang cukup lama dan terkadang tidak sesuai prediksi dikarenakan banyak hal dijalan seperti macet, hujan, adanya kecelakaan atau mogok.
  2. Resiko mogok dijalan juga merupakan resiko mudik dan bepergian menggunakan bus. Terlebih untuk bus - bus yang sudah cukup tua kemungkinan mogok ditengah jalan cukup besar.
  3. Mudik atau pergi - pergi menggnakan bus cukup melelahkan apalagi untuk perjalanan yang cukup jauh. Hal yang sering anda rasakan adalah anda akan merasakan pegal - pegal, pusing dan mual. Hal ini memang sudah resiko pergi menggunakan bus.
  4. Resiko kehilangan dan kecopetan di bus cukup tinggi.
  5. Dibanding dengan transportasi yang lain alat transportasi bus tinggi angka kecelakannya.
Nah, itulah sekilas tentang manfaat dan resiko dari moda transportasi bus di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi perjalanan anda.
Semoga bermanfaat..

Keuntungan dan Kerugian Mudik Naik Mobil Bus / Bis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

2 comments: