Saturday, December 5, 2015

Keuntungan dan Kerugian Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)


Contoh Foto Seorang PNS Guru
Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih merupakan harapan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Masih diantara beberapa orang melakukan dengan segala cara agar ia menjadi seorang PNS. Syarat menjadi seorang PNS masih terasa begitu berat bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya berbagai usaha dan latihan soal agar lulus tes seleksi CPNS dilakukan. Mulai dari mencari berita atau info Lowongan Kerja CPNS, mencari Tips dan Cara Lulus Tes Seleksi CPNS, mencari Buku - buku atau Soal - soal Latihan Tes CPNS, bahkan ada yang sampai mengikuti Pelatihan atau Kursus Lolos Menjadi Pegawai Negeri Sipil. Namun tahukah anda bahwa bagi sebagian orang menjadi Pegawai Negeri Sipil itu tidak selalu menyenangkan. Lalu apa sih yang membuat menjadi PNS itu tidak menyenangkan? Nah, disini penulis akan sedikit berbagi tentang Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai PNS. Hal ini dilakukan sebab setiap pekerjaan pasti akan ada konsekuensinya, biarpun itu seorang PNS. Karena jujur penulis juga merasakan dari Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang PNS, karena Alhamdulillah penulis juga sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil.

Kelebihan Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) :
  1. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan suatu anugerah Tuhan yang teramat sangat luar biasa bagi kita. Sebab menjadi PNS itu sangat susah, harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang untuk bisa menduduki kursi menjaddi seorang PNS.
  2. PNS masih menjadi primadona dan cita - cita serta harapan bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia saat ini.
  3. Mempunyai menantu PNS adalah harapan bagi banyak calon mertua. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya agar bisa menikah dengan seorang Pegawai Negeri Sipil. Maka berbahagialah bagi anda yang PNS pasti menjadi harapan para calon orang tua mertua loh.
  4. Masalah gaji, PNS masih termasuk cukup atau bahkan lebih dari cukup untuk menghidupi dan memenuhi kebutuhan sehari - hari. Artinya tidak usah khawatir tidak makan apabila anda menjadi seorang PNS walaupun gajinya tidak terlalu besar seperti gaji para pengusaha atau profesi yang lainnya.
  5. Setiap orang PNS akan mendapat asuransi kesehatan yang gratis. Dan enaknya istri atau suami dan 3 orang anak kita juga akan mendapat asuransi kesehatan dari jabatan PNS kita. Artinya untuk masalah kesehatan diri dan keluarga kita sudah ditanggung oleh pemerintah.
  6. Kelebihan PNS lainnya adalah adanya dana hari tua atau dana pensiun bagi PNS. Itu artinya suatu saat nanti ketika kita sudah tidak bekerja kita akan tetap mendapat gaji dari pemerintah walaupun jumlah yang didapat tidak terlalu besar.
  7. Kesempatan untuk naik golongan sangatlah besar. Artinya jika anda ketika menjadi PNS dengan pendidikan D3 meskipun anda tidak kuliah lagi anda akan tetap naik golongan dari IIC menjadi IIIB/C walaupun waktunya lama. Sehingga apabila anda ingin cepat naik golongan sebaiknya kuliah.
  8. Menjadi PNS merupakan bukti pengabdian kita terhadap Negara, sehingga apabila kita ikhlas menjalaninya maka insyaAlloh pekerjaan kita akan dinilai sebagai ibadah.
Kekurangan Menjadi Seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) :
  1. Meskipun banyak sekali kelebihan menjadi seorang PNS, ternyata PNS juga mempunyai kekurangan yaitu diantaranya PNS selalu disibukkan dengan berbagai macam jenis pemberkasan. Artinya ketika anda sudah memutuskan untuk menjadi seorang PNS maka anda harus bersiap dengan segala macam pemberkasanannya. 
  2. Selain itu jika anda ingin menjadi seorang PNS maka anda harus siap untuk mematuhi segala peraturan dan kebijakan - kebijakannya. Artinya PNS itu selalu dikaitkan dengan berbagai aturan yang melekat. Mulai dari jam kerja, hari kerja, hari libur, gaji, tugas - tugas, absensi dan segala peraturan yang lainnya.
  3. Untuk masalah gaji, PNS bukan salah satu pilihan jika anda ingin cepat kaya. Soalnya gaji seorang Pegawai Negeri Sipil di Indonesia seluruhnya sama, yang membedakan hanyalah intensif dan tunjangannya. Intinya jika anda ingin cepat kaya dan tidak terbiasa dengan hidup sederhana, dan selalu dengan hidup mewah makan PNS bukan pilihan yang tepat bagi anda.
  4. Menjadi seorang PNS itu dituntut untuk selalu bekerja keras dan berorientasi kepada aturan pemerintah. Artinya harus selalu mendukung segala jenis peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.
Demikian sedikit tentang Keleihan dan Kekurangan dari profesi PNS. Meskipun banyak sekali keuntungannya namun PNS juga mempunyai kekurangan, diantaranya yang disebutkan diatas tadi. Namun demikian PNS masih menjadi profesi yang diburu oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Semoga tulisan ini bisa menjadi tambahan wawasan bagi para pembaca sekalian.

Keuntungan dan Kerugian Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment