Thursday, April 7, 2016

Kuntungan dan Kerugian Mengendarai Sepeda Motor


Sekarang ini sepeda motor bukan lagi menjadi barang mewah. Hampir setiap rumah pasti memiliki sepeda motor terlebih di kota - kota besar. Berbeda dengah jaman dahulu, sepeda motor masih jarang dijumpai. Sepeda motor memberikan peranan tersendiri dalam mempersingkat waktu perjalanan. Kemudian dengan sepeda motor penggunanya juga bisa lebih hemat dibandingkan dengan bepergian menggunakan kendaraan umum. Di jaman serba modern seperti ini pengaruh sepeda motor tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, bahkan anak - anak juga sudah banyak yang pandai memakai atau mengendarai sepeda motor, meskipun hal ini dilarang oleh kepolisian karena belum cukup umur. Angka kematian karena kecelakaan sepeda motor bagi anak atau pelajar menduduki peringkat yang cukup tinggi di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Sepeda Motor baik untuk orang dewasa maupun untuk anak - anak atau pelajar. Keuntungan dan kerugian sepeda motor ini berlaku untuk sepeda motor bebek, matic, motor trail maupun motor jantan. Oke langsung saja kita bahas ya..
Keuntungan dan kerugian dari sepeda motor. Sumber gambar: medanrentalmobil.co.id
Keuntungan / Manfaat Menggunakan Sepeda Motor:
  1. Efektif dan efisien. Ya, benar sekali dengan kehadiran sepeda motor dirasa sangat membantu manusia khususnya para pekerja untuk lebih menghemat waktu dan mempermudah dalam perjalanan menuju tempat kerjanya.
  2. Hemat. Hal ini merupakan manfaat yang paling dirasa oleh para pengguna kendaraan bermotor. Dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum, menggunakan sepeda motor pribadi ternyata lebih menguntungkan. Anda bisa lebih menghemat ongkos anda hingga 50% sehingga bisa digunakan untuk menabung atau untuk membayar keperluan yang lainnya.
  3. Dapat digunakan untuk menambah penghasilan. Tahukah anda bahwa sepeda motor yang biasa kita kendarai itu bisa lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Cukup mudah yaitu motor anda bisa anda gunakan untuk bekerja sampingan yaitu menjadi tukang ojek. Teerlebih dijaman serba tekhnologi seperti ini. Seperti di Jakarta yang lagi booming saat ini yaitu tukang ojek online. Cara daftarnya mudah, keuntungan yang ddidapat tinggi.
  4. Sepeda motor dapat mengatasi kemacetan. Ya, percayakah anda bahwa mengendarai sepeda motor ternyata dapat mengatasi kemacetan dibandingkan dengan mobil? Jadi asumsinya begini saja, sepeda motor bisa digunakan berboncengan oleh 2 orang, dibandingkan dengan mobil meskipun bisa dinaiki beberapa orang lebih dari 4 orang, namun pada kenyataannya yang menaiki terkadang 2 orang atau bahkan hanya 1 orang,  mesin sepeda motor jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil, body sepeda motor juga jauh lebih kecil dibandingkan mobil, lalu ketika dijalan motor bisa digunakan untuk menyalip melalui jalan sempit ketika terjadi kemacetan.
Kerugian / Resiko Menggunakan Sepeda Motor:
  1. Berpartisipasi dalam kemacetan. Ya, meskipun sebenarnya mengendarai motor bisa mengurangi kemacetan namun bila pengendara motor jumlahnya semakin meningkat setiap tahun, bukan lagi pengurai kemacetan lagi, tapi motor juga akan turut menyumbang kemacetan di jalan raya khususnya kota besar.  
  2. Penyumbang angka kecelakaan di jalan raya yang tinggi. Hampir setiap hari kita mendengar berita di televisi tentang kecelakaan yang disebabkan karena sepeda motor. Yang seharusnya memberikan manfaat, namun apabila anda menggunakannya tidak denga bijak dan tidak mentaati peraturan yang berrlaku serta tidak berkontrasi dalam mengendarai sepeda motor, maka tentu saja kemungkinan untuk terjadinya kecelakaan akan terjadi. 
  3. Sepeda motor turut menyumbang polusi udara. Ya, sadarkah anda bahwa sepeda motor yang kita gunakan ternyata turut menyumbang polusi udara di negara kita ini? Berbeda dengan jika kita memanfaatkan kendaraan umum sebagai alat transportasi anda. Semisal begini, satu buah bis dapat menampung kurang lebih 40 karyawan yang akan menuju ke sebuah kantor atau tempat kerja, nah bagaimana ketika para karyawan tersebut masing - masing menggunakan kendaraan pribadinya? Polusi yang akan dihasilkan adalah 1 : 40. Wooow sungguh tak disangka ya..
  4. Memicu terjadinya tindakan kriminal. Ya, Benar sekali bahwa naik sepeda motor seolah pisau bermata dua. Dengannya kita bisa efektif dan efisien waktu, namun siapa sangka pelaku kejahatan dapat terpicu dengan kendaraan bermotor anda. Semisal adanya pencurian kendaraan bermotor, begal, serta penipuan.
  5. Anda akan kepanasan dan kehujanan. Berbeda dengan jika anda menggunakan kendaraan umum seperti bus dan kereta, anda akan terlindung dari hujan dan matahari langsung, sehingga kesehatan anda akan lebih terjaga.
  6. Bersepeda motor lebih menguras tenaga dan pikiran. Ya, menggunakan sepeda motor dibutuhkan fisik yang sehat serta konsentrasi yang fokus agar terhindar dari kecelakaan. Berbeda dengan ketika anda menggunakan kendaraan umum anda bisa tidur, browsing, santai serta bisa juga sambil makan.
  7.  Memiliki kendaraan bermotor akan dikenakan pajak. Ya, kita itu hidup di negara yang adanya aturan untuk taat membayar pajaki. Nah aturan tersebut salah satunya adalah tentang perintah untuk membayar pajak kendaraan bermotor anda. Jadi, selain membutuhkan perawatan, memiliki  kendaraan bermotor juga membutuhkan uang lebih untuk membayar pajak.
Begitulah yang bisa kita bahas tentang Keuntungan dan kerugian dari Mengendarai Kendaraan Sepeda Motor (berlaku untuk merk sepeda motor apapun, seperti honda, yamaha, suzuki, kymco, bajaj, kawasaki, dll). Meskipun banyak manfaat serta resikonya, kendaraan sepeda motor tetap menjadi kebanggan para warga Indonesia. Oleh karenanya pesan admin, sekaligus tips bekendara sepeda motor yang baik dan benar agar selamat sampai tujuan adalah sebgai berikut. Jika anda mengendarai sepeda motor pastikan semua kelengkapan kendaraan anda seperti STNK, SIM, lampu yang berfungsi baik, serta jangan lupa untuk memakai helm yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Kemudian persiapkan fisik anda, jika sedang mengantuk atau kelelahan usahakan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum anda berkendara. Selain itu ketika anda berkendara anda juga harus konsentrai dan fokus serta harus mentaati segala peraturan berkendara yang benar. Apabila anda sudah memiliki SIM tentunya anda sudah lulus ujian untuk membuat SIM bukan? Dan, berarti anda sudah layak dan cukup umur untuk mengendarai sepeda motor. Penulis harap semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Salam hangat..

Kuntungan dan Kerugian Mengendarai Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment