Tuesday, April 5, 2016

Keuntungan dan Kerugian Kerja di Bank

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Pegawai Bank. Sumber gambar: merdeka.com

Siapa sih yang tidak mau kerja di Bank? Penampilan yang oke, tempat kerja yang bersih dan nyaman serta gaji yang tinggi merupakan beberapa kelebihan dari kerja menjadi pegawai Bank. Namun tahhukah anda bahwa bekerja di Bank juga memiliki resiko yang besar? Ternyata tidak sedikit lho orang yang sudah bekerja di Bank kemudian memutuskan untuk berhenti dan berganti haluan ke pekerjaan yang lain. Usut punya usut ternyata kerja di Bank mempunyai tekanan yang cukup tinggi alias stressor yang tinggi sehinggi beberapa orang tidak kuat dan memilih untuk berhenti menjadi pegawai Bank. Oleh karenanya disini penulis akan sedikit berbagi tentang Keuntungan dan Kerugian dari Kerja di Bank. Semoga tulisan ini memberikan semangat serta bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih sebuah pekerjaan. Oke, langsung saja ya..
KEUNTUNGAN DARI BEKERJA DI BANK (MENJADI PEGAWAI BANK):
  1. Lowongan Kerja di Bank Terbuka untuk Berbagai Jurusan. Nah salah satu jenis pekerjaan yang pelaku kerjanya bukan hanya dari lulusan yang focus pada pekerjaan itu adalah menjadi pegawai bank. Banyak pegawai bank yang ternyata mereka bukan dari luluisan akuntansi atau keuangan saja melainkan dari lulusan yang lainnya seperi lulusan kesehatan (perawat, bidan, dokter, dll), guru, manajemen, perhotelan, komunikasi, dan bahkan lulusan SMA / SMK pun banyak yang diterima bekerja di Bank.
  2. Gaji yang tinggi. Ya, benar. bekerja di bank merupakan tempat yang tepat untuk memperoleh gaji yang tinggi, hal ini dikarenakan pekerjaan yang dihadapi juga penuh resiko serta tuntutan yang tinggi pula dari atasan..
  3. Kenaikan Gaji yang Cepat. Dibandingkan dengan pekerjaan yang lain, bekerja di bank memiliki kesempatan untuk kenaikan gaji yang cepat, menurut seorang karyawan salah satu bank swasta di Indonesia, gaji mereka akan naik setiap tahunnya dan kenaikannya begitu besar. Belum lagi ditambah bonus - bonus yang lainnya.
  4. Life Style dan Pandangan di Masyarakat. Bekerja di Bank adalah salah satu life style yang menarik. Orang - orang atau masyarakat akan memandang anda lebih apabila anda menjadi seorang pegawai bank. Sudah merupakan suatu kebiasaan di masyarakat khususnya masyarakat desa bahwa mereka akan menghormasi orang yang sukses seperti orang yang kerja di bank, walaupun anda lebih muda.
  5. Mudah Memperoleh Jodoh. Jodoh merupakan kuasa Tuhan yang hingga kini masih menjadi rahasia, namun tahukah anda bahwa pekerjaan yang baik, pendidikan yang tinggi dan kemapanan juga merupakan salah satu syarat untuk memperoleh pendamping hidup? Siapa sih yang tidak suka mempunyai pendamping hidup seorang pegawai bank? yakin nih gak mau dengan seorang pegawai bank? kalo menurut admin sih hampir setiap orang mau dilamar oleh seoran pegawai bank, dan memang kenyataanya begitu.
  6. Jenjang Karir Pegawai Bank Begitu Cepat. Ya, bila anda pingin jenjang karir yang cepat bekerja di bank adalah salah satu tempat kerja yang tepat. Dari SMA / SMK anda bisa bekerja di Bank, kemudian anda melanjutkan kuliah Sarjana, maka posisi anda akan naik, dan begitu seterusnya.
  7. Hari kerja yang teratur. Ya, benar bekerja di bank memiliki jumlah kerja yang teratur. Hampir semua bank menerapkan hari kerja mereka senin - jumat dan jam kerjapun teratur mulai dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB, sehingga anda bisa menikmati week end day setiap minggunya.
Kerugian atau Resiko Menjadi Pegawai Bank:
  1. Persaingan yang ketat. Menjadi pegawai bank bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus memiliki pribadi yang baik serta pemikiran yang cerdas. Banyaknya peminat yang ingin menjadi seorang pegawai bank merupakan salah satu penyebab persaingan yang ketat. Belum lagi persaingan dalam bidang kepandaian, komunikasi dan keahlian yang lain.
  2. Stress kerja yang tinggi. Siapa sangka bahwa kerja di bank selain enak juga memiliki tekanan atau tingkat stress yang tinggi? Tuntutan pekerjaan yang menuntut anda untuk bekerja cepat, belum lagi tuntutan dari atasan untuk pelayanan yang prima dan terbaik serta belum lagi menghadapi konsumen yang kita bagaimanapun tingkahnya kita harus menghadapi dengan sopan dan sabar.
  3. Resiko tombok atau mengganti jika terjadi salah hitung atau terjadi kekurangan jumlah uang. Ya, merupakan sebuah resiko yang besar bila kita bekerja, kemudian kita salah dan harus mengganti uang yang karena oleh kesalahan kita sendiri. Hal ini disebabkan karena setiap hari anda berkecimpung dengan masalah keuangan, kondisi tubuh yang kurang fit sangat berpeluang dalam terjadinya human error. Kesalahan  jumlah angka 0 dalam perhitungan uang, kelebihan 0 satu saja akan berakibat fatal bagi anda. 
  4. Tuntutan kerja yang tinggi. Ya, benar sekali bahwa bekerja di bank seakan anda bekerja diseuah aquarium yang setiap gerak anda akan diawasi. Tidak senyum beberapa menit saja bisa membuat anda terkena sanksi dari atasan anda. Anda juga harus dituntut untuk teliti dan tidak ceroboh, sebab sekali anda ceroboh maka penjara siap menanti anda.
Sekian artikel tentang Keuntungan dan Kerugian Menjadi Pegawai Bank. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan menginspirasi anda para anak muda untuk lebih sukses meraih masa depan. Dan bagi anda seorang pegawai bank, tetaplah semangat, lakukan pekerjaan anda dengan ikhlas, teliti dan jalankan SOP pekerjaan di Bank anda dengan baik. Salam sukses untuk para pembaca..



Keuntungan dan Kerugian Kerja di Bank Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment