Tuesday, April 5, 2016

Keuntungan dan Kerugian Menabung di Bank

Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank. Sumber gambar: bidakara.ac.id

Bank merupakan salah satu tempat untuk menyimpan uang dan berinvestasi yang aman. Disamping aman, bank juga bisa memberikan keuntungan yang lain untuk nasabahnya. Namun, menabung di bank juga memiliki kekurangan loh. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan menabung di bank? Ok, nanti kita akan bahas lebih mendalam tentang topik masalah ini. Oia Kenutungan dan kerugian ini berlaku untuk bank - bank negeri maupun swasta seperti: BNI, Mandiri, BRI, BPR, Bank Permata, Bank BJB, BTN, Bukopin, BCA, Bank Mega, OCBC NISP, Danamon, CIMB, May Bank, Bank Sinarmas, dan lainnya. Oke, langsung saja kita bahas ya..

Kelebihan / Manfaat Menabung / Menyimpan Uang di Bank:
  1. Menabung di Bank memberikan manfaat yaitu bunga bank. Meskipun tidak semua orang suka atau setuju dengan bunga bank. Namun bagi sebagian orang bunga bank menjadi daya tarik atau magnet tersendiri untuk menrik orang menabung di bank. Apabila anda berharap menabung di bank memperoleh bunga maka anda harus pandai - pandai memilih bank, sebab bunga yang ditawarkan berbeda - beda antara bank yang satu dengan yang lainnya. 
  2. Keamanan uang anda di bank akan terjamin. Ya, benar sekali bahwa keamanan uang yang anda simpan di bank akan terjamin keamanannya. Hal ini disebabkan karena semua bank sudah bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Yang mana LPS akan menjamin 100% kemanan uang anda. Dibandingkan dengan disimpan di rumah yang belum pasti keamanannya maka disimpan di bank akan lebih aman dan bermanfaat.
  3. Anda boleh mengambil uang anda kapanpun. Di bank anda boleh mengambil uang anda kapanpun yang penting pada hari dan jam kerja.
  4. Anda akan dipermudah dengan adanya ATM (Anjungan Tunai Mandiri).  Dengan adanya ATM menabung di bank semakin memberikan kemudahan. Anda dapat mengambil uang anda sewaktu - waktu kapanpun dibutuhkan, baik malam maupun siang, baik hari kerja maupun hari libur. Dengan ATM anda juga bisa membayar barang pembelian anda dengan kartu ATM anda dan anda tanpa repot - repot membawa uang cash di saku atau dompet anda.
  5. Kemudahan transaksi. Tabungan memudahkan anda untuk bertransaksi dalam jumlah yang besar. Semisal anda membeli rumah atau mobil anda tidak perlu membawa dan menggunakan uang tunai, tap anda cukup menggunakan setoran rekening tabungan dan transfer antar bank atau sesama bank. Tidak repot dan dijamin keamanannya.
Kekurangan / Resiko Menabung di Bank:
  1. Akan dikenakan biaya administrasi setiap bulannya. Ya, menabung di bank memang memiliki resiko yaitu akan ada potongan admin setiap bulannya. Meskipun anda tidak melakukan setoran saldo awal pembukaan buku tabungan anda akan tetap berkurang dan bahkan akan minus hingga secara otomatis nomor rekening anda akan ditutup. Biaya administrasi antara bank yang satu dengan yang lainnya berbeda tergantung juga jenis tabungannya. Misal tabungan haji, maka tidak ada potongan administrasi dan juga tidak akan mendapatkan bunga bank.
  2. Bunga yang diberikan kecil. Bagi anda yang berharap bunga bank dari menabung maka sebaiknya anda pikir kembali, soalnya bunga yang didapatkan sangatlah kecil dibandingkan jika uang anda digunakan untuk berinvestasi dolar atau membeli emas atau investasi yang lainnya.
  3. Tidak bisa ambil uang dalam jumlah banyak secara mendadak. Ya, ketika anda membutuhkan uang banyak segera saat hari libur maka menabung di bank memiliki resiko anda tidak dapat mengambil uang anda pada saat dibutuhkan mendadak itu, Meskipun anda bisa mengambilnya lewat ATM akan tetapi jumlah yang boleh diambil jumlahnya dibatasi, untuk saat ini bebera bank memberikan peraturan jumlah uang maksimal yang boleh diambil melalui ATM adalah Rp. 5.000.000,-.
  4. Uang tidak berkembang. Ya, dibandingkan dengan untuk investasi baik itu emas, dolar, maupun usaha, menabung di bank tidak memiliki kesempatan uang untuk berkembang.
Nah, dari penjelasan manfaat dan resiko menabung di bank diatas, bagaimana menurut anda? Apakah akan tetap menabung atau memutuskan untuk berinvestasi? Semua tergantung tujuan masing-masing anda. Kalo admin sih tetap percaya untuk menabung, dikarenakan belum tergugah untuk berinvestasi, hehe.. Ok, semoga tulisan yang sederhana ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian ya.. Salam sukses..

Keuntungan dan Kerugian Menabung di Bank Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment