Sunday, December 6, 2015

Keuntungan dan Kerugian Hidup / Tinggal di Kota Besar

 Mencari pekerjaan ke kota besar tentunya membawa dampak tersendiri terhadap diri pribadi manusia masing - masing. Ada beberapa orang yang senang atau bahkan bercita - cita ingin hidup dan bekerja di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Medan, Banjarmasin, dan lain sebagainya. Ada yang memang benar - benar mereka berniat untuk bekerja di kota - kota besar, ada yang menyukai hidup di kota besar karena keramaian dan gaya hidupnya yang serba modern, atau ada juga yang mereka datang ke kota besar hanya untuk bekerja saja mencari nafkah sedangkan keluarga dan tempat tinggalnya di desa atau kampung halamannya. Walaupun sepeti itu banyak juga orang yang tidak suka atau bahkan anti untuk hidup di korta - kota besar dengan berbagai alasan karena kelebihan dan kelemahan hidup di kota besar.


Banyak yang akan kita peroleh apabila kita hidup di kota besar. Namun banyak juga dampak negatifnya bagi diri kita apabila hidup atau tinggal di kota besar. Oleh sebabnya penulis akan berbagi cerita tentang keuntungan dan kerugiannya apabila kita hidup, tinggal, sekolah, kuliah dan bekerja di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Surabaya, Malang, Pontianak, Medan, dan lain sebagainya.  Hal yang kan kita ulas antara lain tentang: Kesehatan, Lowongan Pekerjaan, Kualitas udara dan air, Gaya hidup dan Biaya Hidup di Kota besar.

Keuntungan Hidup dan Tinggal di Kota Besar :
  1. Mengenai kualitas kesehatan anda apabila anda tinggal di kota besar tentunya dekat dan sangat mundah anda untuk menemukan berbagai fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas, klinik, rumah sakit atau fasilitas kesehatan tingkat pusat yang disertai dengan fasilitas - fasilitas dan peralatan yang canggih yang tidak didapatkan apabila anda tinggal di desa.
  2. Untuk lowongan kerja di kota besar seperti Jakarta saya pikir semua orang tau bahwa Jakarta adalah pusat perekonomian di Indonesia sehingga di Jakarta akan tersedia banyak sekali lowongan pekerjaan yang terbaru bagi anda mulai dari lulusan SMP, SMA, SMK, D1, D2, D3, S1, S2, S3 berbagai jurusan. Itu artinya peluang untuk mendapatkan pekerjaan di kota - kota besar itu sangat besar peluangnya.
  3. Tersedianya fasilitas umum yang memadai. Kita akan menemukan berbagai kelebihan untuk fasilitas umum apabila kita tinggal di kota besar. Fasilitas umum itu diantaranya: angkutan umum, mall, pasar, fasilitas kesehatan, stasiun, terminal, sekolah dan institusi pendidikan dan lain sebagainya.
  4. Kota besar merupakan tempat fashion yang paling update. Jadi kita akan lebih dahulu mendapat updatetan baik itu tentang fashion , berita, serta kabar - kabar yang lainnya.
  5. Di kota besar adalah tempat mencari rizki. Kesempatan untuk memperoleh uang yang banyak di kota besar itu terbuka lebar. Artinya apabila kita ingin bekerja dengan gaji yang besar maka di kota besarlah tempatnya.
  6. Keuntungan dan Kekurangan Hidup dan Bekerja di Kota Besar
  7. Di kota besar kita akan lebih banyak menemukan harga - harga barang elektronik dan fashion yang murah - murah.


Kerugian Hidup dan Tinggal di Kota Besar :
  1. Kualitas udara dan air yang tidak begitu sehat. Hal ini disebabkan karena banykanya polusi dan minimnya pohon dan tumbuh - tumbuhan ditemukan di kota besar.
  2. Memilih untuk Tinggal di kota besar itu artinya anda harus siap jauh dari keluarga dan orang terkasih.
  3. Meskipun gaji yang anda peroleh cukup besar namun biaya hidup dikota besar juga tinggi. Itu artinya jumlah gaji yang anda peroleh berbanding lurus dengan biaya hidup yang anda keluarkan.
  4. Meskipun lowongan kerja di kota besar banyak dan mudah didapat namun kasus penipuan yang berkedok lowongan kerja juga banyak.
  5. Angka resiko kecelakaan di kota besar cukup tinggi, hal ini dipengaruhi oleh semakin banyaknya jumlah pengguna kendaraan pribadi mulai dari motor dan mobil. Kesadaran untuk mematuhi dan tertib dalam berkendara juga sangat minim.
  6. Gaya hidup yang berlebihan, boros, individual, kurang peka, minim budaya antri adalah ciri khas kehidupan di kota - kota besar.
  7. Biaya hidup yang mahal juga merupakan salah satu kekurangan dari hidup di kota besar.
  8. Resiko atau angka tindakan kriminal di kota - kota besar juga cukup tinggi.
  9. Bagi orang yang tidak punya pendirian dan iman yang kuat maka tinggal di kota besar akan beresiko mudah terpengaruh kepada hal - hal yang tidak diinginkan, sebab kurangnya perhatian keluarga dan pengaruh dari lingkungan serta teman - teman.
Itulah yang dapat penulis sampaikan tentang Keuntungan dan Kerugian Merantau ke Kota Besar. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda dan dapat menjadikan manfaat bagi anda dan orang - orang sekitar anda. Pilihan bijak adalah hal yang harus anda jalankan. Artinya apabila anda sudah memilih maka itulah yang anda akan jalankan bersama dengan resikonya.
Semoga bermanfaat..

Keuntungan dan Kerugian Hidup / Tinggal di Kota Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment