Saturday, July 8, 2017

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Air PAM / PDAM

Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang teramat sangat penting bagi seluruh mahluk hidup, baik itu manusia, hewang maupun tumbuhan. Nah sumber air terbaik itu sebenarnya air yang dari tanah atau yang dari pegunungan sih? Menurut berbagai macam penelitian, sumber air terbaik adalah air yang melewati batuan pegunungan. Air pegunungan biasanya dipakai oleh para pabrik sebagai air minum (konsumsi) dengan berbagai kandungan mineralnya.

Nah, untuk keperluan sehari-hari rumah tangga biasanya kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan penggunaan air. Terlebih untuk temen-temen yang memiliki rumah baru. Tentunya temen-temen harus menentukan pilihan apakah mau menggunakan air sumur ataukah air PDAM. Kadang kita takut apakah air PDAM itu dapat diminum? Apakah air PDAM dapat untuk masak? Apakah air PDAM aman dan bisa untuk dikonsumsi? Sebenarnya untuk yang paling aman dikonsumsi sehari-hari adalah air tanah (air sumur) baik itu sumur galian, maupun sumur bor.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan / Memasang Air PDAM

Pada kesempatan ini penulis akan mencoba membahas tentang Keuntungan dan Kerugian Menggunakan air PAM (PDAM) dengan harapan para pembaca dapat memahami dan menentukan pilihan yang terbaik apakah mau menggunakan air dari PDAM atau air tanah. Oke langsung saja ya..

Keuntungan Menggunakan Air PAM (PDAM):

  1. Air PDAM, sudah pasti bersih dan layak konsumsi baik untuk mencuci hingga untuk diminum. PDAM biasanya mengolah air yang bersumber dari waduk atau sungai besar di daerahnya, lalu menyalurkannya ke rumah-rumah warga melalui pipa-pipa yang telah mereka pasangkan sebelumnya.
  2. Menggunakan air PDAM dapat menghemat waktu dan tenaga. Ya, dibandingkan dengan penggunaan air sumur anda akan butuh waktu untuk mengambilnya bila menggunakan timba, namun saat ini sih sudah dipermudah yaitu menggunakan mesin pompa air.
  3. Bagi kota-kota besar seperti Jakarta penggunaan air PAM / PDAM dirasa akan lebih murah sebab bila menggunakan air sumur atau air tanah akan dikenakan pajak. Pajak tinggi diberlakukan karena pengambilan air tanah secara besar-besaran telah mengakibatkan turunnya permukaan tanah Jakarta, 6 hingga 12 cm setahun! Tak heran, banjir yang melanda Ibu Kota tambah lama tambah tinggi.
  4. Untuk daerah atau lokasi yang air tanahnya jelek, maka air PDAM merupakan pilhan yang tepat untuk sumber air keluarga anda. Maka sebelum membuat sumur bor pastikan dahulu kualitas air tanahnya bagus atau tidak. Bila tidak maka segera ambil pilihan dengan air PDAM.
  5. Pada musim kemarau para pengguna air PAM tidak akan merasa kebingungan, sebab sumber air PDAM sudah ditanggung oleh Perusahaan Daerah tersebut. Jadi para perusahaan akan berusaha mati-matian untuk mencukupi kebutuhan air para pelanggan PDAM. Sedangkan untuk air sumur, bila musim kemarau biasanya air akan menjadi keruh bahkan sumur bisa kering juga.
  6. Kualitas air PAM / PDAM akan selalu terjaga. Bila menggunakan air sumur maka kualitasnya akan berubah-ubah sesuai musim. Bila musim penghujan maka air akan keruh menyesuikan air di lingkungan sekitar, sedangkan bila musim kemarau masalah terbesarnya adalah kekeringan.
Kerugian Menggunakan Air PAM (PDAM) :



  1. Para pengguna air PAM atau PDAM perlu merogoh kocek lebih untuk membayar tagihan rekening air setiap bulannya. 
  2. Biasanya dalam proses pendistribusian, banyak terjadi "kebocoran" yang bisa mengakibatkan mutu air PAM menurun. Bisa dikata kekurangan dari air PAM atau PDAM adalah aliran air PDAM kadang kecil yang disebabkan oleh penggunaan dalam waktu bersamaan oleh sekian banyak orang. Terlebih bila terjadi kebocoran pipa, maka sudah dipastikan aliran air kerumah kita akan terhambat untuk beberapa waktu terutama bila akan diperbaiki.
  3. Meskipun PDAM sudah menjamin kualitas dan kejernihan airnya, terkadang untuk musim kemarau sesekali aliran air PAM juga keruh dan berbau kaporit.
  4. Untuk daerah tertentu masih banyak yang belum terakses oleh air PAM / PDAM.
Itulah beberapa Keuntungan dan Kerugian dari Air PAM / PDAM bagi kehidupan sehari-hari. Semoga tulisan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda sebagai pembanding lebih menguntungkan mana antara pasang air PAM atau non PDAM yaitu dengan air sumur galian maupun sumur bor.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Air PAM / PDAM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment