Monday, May 29, 2017

Keuntungan dan Kerugian Mudik Menggunakan Sepeda Motor



Bagi sebagian besar perantau, bulan Ramadhan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti. Mengapa demikian? Ya, karena pada bulan Ramadhan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Lebaran dan Hari Raya merupakan moment yang tepat bagi kita semua untuk berkumpul dan berbagi serta saling bermaf-mafan bersama keluarga dan sanak saudara. Moment Lebaran Hari Raya Idul Fitri terjadi sekali setiap tahunnya, jadi sangat sayang sekali jika kita tidak melewatkannya bersama kelurga. Akan tetapi kadang niat kita pingin pulang mudik lebaran terhambat oleh sebuah hal yaitu transportasi. Memang moda transportasi memiliki banyak pilihan, namun kita harus tau Keuntungan dan Kerugiannya masing-masing. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang Keuntungan dan Kerugian Mudik dan Balik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor. Keuntungan dan Kerugian mudik menggunakan sepeda motor ini berlaku untuk sepeda motor bebek, matic, motor trail maupun motor jantan. Oke langsung saja kita bahas ya..
Keuntungan dan Kerugian Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor
Keuntungan / Manfaat Mudik dan Balik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor:
1.     Efektif dan efisien. Ya, terkadang mudik dengan menggunakan sepeda motor melelahkan namun, mudik menggunakan motor dapat menghemat waktu lebih banyak dibandingkan menggunakan bus atau mobil pribadi, sebab apabila kita mudik lebaran menggunakan motor, kita dapat menyalip dan melewati jalan kecil.
2.     Hemat. Hal ini merupakan manfaat yang paling dirasa oleh para pengguna kendaraan bermotor. Dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum, menggunakan sepeda motor pribadi ternyata lebih menguntungkan. Anda bisa lebih menghemat ongkos anda hingga 50% sehingga bisa digunakan untuk menabung atau untuk membayar keperluan mudik yang lainnya.
3.     Sepeda motor dapat mengatasi kemacetan. Ya, percayakah anda bahwa mengendarai sepeda motor ternyata dapat mengatasi kemacetan dibandingkan dengan mobil? Jadi asumsinya begini saja, sepeda motor bisa digunakan berboncengan oleh 2 orang, dibandingkan dengan mobil meskipun bisa dinaiki beberapa orang lebih dari 4 orang, namun pada kenyataannya yang menaiki terkadang 2 orang atau bahkan hanya 1 orang,  mesin sepeda motor jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil, body sepeda motor juga jauh lebih kecil dibandingkan mobil, lalu ketika dijalan motor bisa digunakan untuk menyalip melalui jalan sempit ketika terjadi kemacetan saat mudik lebaran.
4.     Manfaat. Ya, akan ada banyak manfaat yang kita dapatkan apabila kita mudik lebaran ke ampung halaman kita menggunakan sepeda motor, selain menghemat waktu dan hemat biaya, apabila kita mudik menggunakan sepeda motor kita, setibanya kita dikampung dan kita ingin bepergian kita tidak akan kerepotan pinjam motor kesana dan kesini. Kita bisa manfaatkan sepeda motor kita untuk bepergian ke sanank saudara, pergi ke pasar atau buat pergi berwisata bersama keluarga.
5.     Mudik lebaran menggunakan sepeda motor ada kesenangan tersendiri. Ya, benar sekali bahwa yang orang-orang katakan tentang mudik menggunakan sepeda motor memiliki kesenangan yang tidak dimiliki oleh pemudik dengan moda transportasi lain. Hal yang paling istimewa ketika kita mudik lebaran dengan menggunakan motor yaitu suasana lebaran yang betul-betul terasa spesial dijalan, suasana kekeluargaan antar sesama pemudik juga begitu kental, dan yang paling utama adalah banyak temannya serta kita bisa bisa istirahat sewaktu-waktu bila kita cape dan lelah saat mengemudi sepeda motor.

Kerugian / Resiko Mudik dan Balik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor:
1.     Berpartisipasi dalam kemacetan. Ya, meskipun sebenarnya mengendarai motor bisa mengurangi kemacetan namun bila pemudik yang menggunakan motor jumlahnya semakin meningkat setiap tahun, bukan lagi pengurai kemacetan lagi, tapi motor juga akan turut menyumbang kemacetan di jalan raya khususnya saat mudik dan bali lebaran. Apalagi bila pemudik motor tidak patuh dan saling ugal-ugalan, tentunya selain bikin kemacetan juga membahayakan bagi pemudik yang lain. 
2.     Angka kecelakaan pemudik sepeda motor di jalan raya masih sangat tinggi. Hampir setiap tahun kita mendengar berita di televisi tentang kecelakaan yang disebabkan karena pemudik sepeda motor. Yang seharusnya memberikan manfaat, namun apabila anda menggunakannya tidak denga bijak dan tidak mentaati peraturan yang berrlaku serta tidak berkontrasi dalam mengendarai sepeda motor, maka tentu saja kemungkinan untuk terjadinya kecelakaan saat mudik lebaran akan terjadi. 
3.     Anda akan kepanasan dan kehujanan saat mudik lebaran. Berbeda dengan jika anda menggunakan kendaraan umum seperti bus dan kereta, anda akan terlindung dari hujan dan matahari langsung, sehingga kesehatan anda akan lebih terjaga.
4.     Mudik menggunakan sepeda motor lebih menguras tenaga dan pikiran. Ya, menggunakan sepeda motor dibutuhkan fisik yang sehat serta konsentrasi yang fokus agar terhindar dari kecelakaan. Berbeda dengan ketika anda menggunakan kendaraan umum anda bisa tidur, browsing, santai serta bisa juga sambil makan.

Begitulah yang dapat kita bahas tentang Keuntungan dan Kerugian dari Mudik dan Balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri dengan Mengendarai Kendaraan Sepeda Motor (berlaku untuk merk sepeda motor apapun, seperti honda, yamaha, suzuki, kymco, bajaj, kawasaki, dll). Meskipun banyak manfaat serta resikonya, kendaraan sepeda motor tetap menjadi kebanggan para warga Indonesia. Oleh karena itu admin berpesan, sekaligus tips mudik sepeda motor yang baik dan benar agar selamat sampai tujuan adalah sebgai berikut. Jika anda akan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri menggunakan sepeda motor pastikan semua kelengkapan kendaraan anda seperti STNK, SIM, Ban baru, Oli sudah diganti, motor sudah diservis dan lampu yang berfungsi baik, serta jangan lupa untuk memakai helm yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Kemudian persiapkan fisik anda, jangan lupa pakai jaket, jangan membawa barang bawaan yang berlebihan dan jika sedang mengantuk atau kelelahan usahakan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum anda berkendara. Perlu diketahui bahwa jumlah maksimal penumpang sepeda motor adalah 3 orang, yaitu 2 orang dewasa dan 1 orang anak. Selain itu ketika anda berkendara anda juga harus konsentrai dan fokus serta harus mentaati segala peraturan berkendara yang benar. Apabila anda sudah memiliki SIM tentunya anda sudah lulus ujian untuk membuat SIM bukan? Dan, berarti anda sudah layak dan cukup umur untuk mengendarai sepeda motor. Penulis harap semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Semoga mudik lebaran tahun ini menyenangkan dan anda selamat sampai tujuan..

Keuntungan dan Kerugian Mudik Menggunakan Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment