Wednesday, May 3, 2017

Keuntungan dan Kerugian Pinjam Uang di Bank

Salah satu cara ketika kita mempunyai kebutuhan mendadak maupun untuk investasi namun saat itu kita tidak memiliki dana atau uang yang cukup adalah dengan cara melakukan pinjaman atau berhutang, baik hutang kepada keluarga, saudara maupun bank atau jasa peminjaman uang lainnya. Berhutang dilakukan dengan harapan setelah kita mendapatkan sejumlah modal atau dana kita dapat membeli suatu kebutuhan semisal berhutang untuk membeli rumah, mobil, motor atau tanah untuk investasi dimasa depan.

Keuntungan dan Kerugian Pinjaman Uang ke Bank. Sumber gambar: carajadikaya.com

Ada beberapa hal yang harus teman-teman perhatikan sebelum berhutang atau sebelum melakukan pinjaman baik ke orang atau ke bank diantaranya:
  1. Tujuan dari berhutang haruslah jelas. Disini artinya, kita tidak diperbolehkan memakai uang dari pinjaman bank untuk foya-foya, membeli hal atau barang yang tidak penting dan lain sebagainya. Beberapa tujuan berhutang yang jelas misalnya: untuk pembiayaan sekolah anak, membeli rumah, membeli kendaraan, membeli tanah dan untuk modal usaha.
  2. Kita harus punya sumber pemasukan yang jelas. Jadi jangan sampai kita berhutang namun kita tidak punya sumber penghasilan maupun pekerjaan yang jelas, sebab nanti ujung-ujungnya anda akan rugi dan tidak dapat membayar cicilan utang anda.
  3. Pilihlah jangka waktu pinjaman di bank atau tempat lainnya seperti koperasi dll, yang sesuai dengan kemampuan anda. Ada baiknya tidak terlalu lama, kalo anda mampu untuk berhutang dalam waktu singkat lunas kenapa harus menunggu sampai lama? kan sayang bunga pinjaman yang dibayarkan.
  4. Pastikan jumlah pinjaman anda tepat dan sesuai kebutuhan, jangan melebihkan pinjaman untuk hal-hal lainyang tidak masuk dalam daftar kebutuhan.
  5. Pastikan dahulu kejelasan produk kredit, suku bunga dan cicilan yang ditawarkan oleh bank tempat anda meminjam.
Nah, itulah yang harus anda perhatikan sebelum berhutang baik ke bank ataupun ke jasa peminjaman uang lainnya. Untuk para pembaca sekalian, berikut penulis paparkan juga Keuntungan dan Kerugian dari Pinjam Uang di Bank ya.. Harapan penulis, sebelum anda memutuskan untuk pinjam atau hutang uang di bank, ada baiknya bapak/ibu tau Keuntungan dan Kerugian dari Hutang di Bank, baik itu bank Syariah maupun Bank Umum seperti: BNI, Mandiri, BRI, Bank Jateng, BJB, Kaltim, DKI, OCBC,  Permata, BPR, BTN, BCA, Maybank, dan bank-bank besar lainnya.

Keuntungan, Manfaat dan Keunggulan Pinjam Uang (Kredit) ke Bank:
  1. Menambah kekurangan modal uang dengan cara mudah dan cepat.
  2. Adanya kejelasan bunga yang telah disepakati bersama dan bunga yang dikeluarkan oleh bank sudah terstandar.
  3. Dapat memiliki barang yang diinginkan meskipun tidak mempunyai uang yang cukup
  4. Dapat membantu membuka usaha baru dengan modal pinjaman yang diperoleh dari hutang bank (investasi).
  5. Persyaratan pinjam uang di bank cukup mudah dan jelas.
  6. Pembayaran pinjaman bisa diprediksi. Pembayaran pinjaman tidak tergantung pada fluktuasi bisnis.
Kerugian, Resiko dan Bahaya Hutang (Kredit) di Bank :
  1. Waktu pelunansan atau penyetoran cicilan harus tepat waktu atau tidak ada tenggang waktu untuk anda melunasi hutang di bank jika anda belum memiliki uang.
  2. Hutang bank dapat mengajarkan kepadda para konsumen meminjam melebihi daya kemampuan (besar pasak daripada tiang).
  3. Dengan adanya hutang bank semakin memberi jarak antara si kaya dan si miskin, artinya yang kaya semakin kaya dengan memperbanyak pinjaman untuk modal usahanya.
  4. Perluasan kredit akan menimbulkan inflasi.
  5. Bila pembayaran pinjaman tidak dilaksanakan, pihak pemberi pinjaman dapat melakukan upaya paksa agar pihak yang berutang bisa membayar lunas meski harus jatuh bangkrut.
  6. Untuk melunasi utang, pihak pemberi pinjaman dapat menyita rumah dan kepemilikan pemilik perusahaan tunggal atau mitra dalam hubungan kerjasama tersebut.
Itulah beberapa Untung Rugi dari Pinjaman Uang  (Kredit) di Bank, harapan penulis, semoga artikel ini adapa membuka dan menambah wawasan anda tentang pinjaman di Bank. Ada baiknya sebelum anda melakukan pinjaman ke bank, lebih baik anda pikirkan kembali tentang segala kemungkinan yang terjadi selama anda berhutang nantinya, dan jangan lupa juga untuk memperhatikan kembali syarat-syarat yang harus anda penuhi sebelum meminjam uang di bank. 

Salam..

Keuntungan dan Kerugian Pinjam Uang di Bank Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment