Sunday, May 22, 2016

Keuntungan dan Kerugian LDR


Menjalani hubungan jarak jauh bagi sebagian besar orang dirasa memang sangatlah berat, namun percayakah anda bahwa hubungan jarak jauh itu dapat mengajarkan kita tentang banyak hal? Banyak para pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh ini kandas ditengah jalan karena berbagai macam rintangan. Namun tidak sedikit juga mereka yang menjalani hubungan jarak jauh dapat berhasil sampai ke jenjang pernikahan. Oia, ngomong-ngomong pengertian dari LDR itu apa sih? Hayoo ada yang tau gak? LDR atau yang kepanjangannya: Long Distance Relationship merupakan suatu cara pendekatan diri terhadap seseorang (pasangan) tatapi terhalang dengan kondisi perbedaan jarak dan waktu. Jadi intinya LDR itu ya hubungan / relation baik itu statusnya sebagai teman, pacar atau yang sudah menikah tetapi mereka masih dipisahkan oleh jarak dan waktu. 

Ada banyak alasan yang membuat seseorang itu takut atau khawatir untuk menjalani hubungan / pacaran jarak jauh. Banyak yang menjawab kalau LDR itu bakal jadi jarang dan susah ketemu. Harus selalu menjaga komunikasi. Jarang jalan bareng ke mall, kebun binatang, taman kota, pantai dll. Tidak ada yang nemenin makan, nemenin jalan, nemenin main, dll. Tidak ada yang ngelindungin dari deket. Rawan selingkuh. Kalo pengen dengerin suara aja harus telepon dulu. Takut tergoda sama cewek atau cowok lain. Takut dibilang jomblo karena jarang keliatan barengan. Alasan-alasan seperti itu yang membuat kita parno atau khawatir dengan LDR. Padahal kalo temean-teman tau LDR sendiri sebenarnya punya kelebihan yang mungkin tidak pernah kalian ngerti. Nah untuk itu pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Hubungan Jarak Jauh (LDR). Oke sobat, langsung aja ya...
Kelebihan dan Kekurangan Berpacaran / Berhubungan Jarak Jauh (LDR). Sumber gambar: news.metrotvnews.com

Kelebihan & Manfaat Hubungan  / Pacaran Jarak Jauh (LDR) yang dilansir dari aretnasih.blogspot.co.id adalh sebagai berikut:
  1. LDR mengajarkan kita untuk saling setia dan percaya. Setia tidak harus selalu bersama-sama setiap saat dengan pasangan. Pasangan yang LDR justru akan terus belajar untuk setia. Menahan diri dari godaan cewek atau cowok lain. Memantapkan hatinya untuk pasangan yang telah dia pilih. Bukannya kamu akan bangga kalau punya pasangan yang tetap setia walaupun jauh. Jadi kalau nanti kalian harus jauh karena urusan kuliah atau kerja akan siap untuk menjalani LDR. Memang cobaan akan terus datang untuk menguji seberapa besar tingkat kesetiaan kalian. Yakinlah setiap kali Alloh memberikan cobaan buat kita pasti akan ada hikmahnya di kemudian hari. Selalu ingat hal itu aja ketika kalian mendapatkan cobaan apapun. Jadi akan selalu kuat dalam menghadapi setiap cobaan yang datang. Selalu bersabar dan jangan cepat mengambil keputusan.
  2. LDR merupakan salah satu metode atau cara untuk saling mengenal antara kita dengan pasangan kita. Ketika Anda berada dalam hubungan jarak jauh, Anda tidak perlu membangun hubungan Anda dengan kata-kata, tapi lebih kepada tindakan. Penelitian terbaru yang dilansir Lifehack, menunjukkan bahwa pasangan jarak jauh kurang sering berbicara dibandingkan mereka yang tinggal di kota yang sama. Walau begitu, interaksi yang terjalin cenderung lebih dalam dan bermakna. Berbicara pada tingkat yang mendalam akan membantu Anda dan dia saling mengenal satu sama lain dengan sangat baik. Dalam proses ini, Anda bisa mengembangkan keterampilan komunikasi dan kebiasaan yang akan membantu hubungan Anda langgeng.
  3. Hubungan jarak jauh (LDR) dapat melatih kita untuk bisa menyelesaikan masalah / konflik secara baik. Tak ada yang dapat Anda lakukan saat LDR, kecuali berkomunikasi, baik melalui pesan teks, BBM, atau video call. Otomatis Anda belajar terhubung secara mendalam dan berkomunikasi dengan baik. Ada kalanya tak peduli seberapa baik Anda berkomunikasi, Anda dan pasangan akan mengalami kesalahpahaman, melukai perasaan, dan konflik. Di sini dibutuhkan kepercayaan dan keterampilan bernegosiasi menyelesaikan konflik. Pasangan yang belajar untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah jarak, akan membekali dirinya dengan baik untuk menghadapi tantangan masa depan.
  4. Berpacaran jarak jauh memiliki manfaat dapat mencegah tindakan tercela yang dapat menentang aturan agama. Pacaran tidak harus setiap hari selalu ketemu dan selalu bersama. Ada kalanya harus berpisah untuk suatu kepentingan yang mengharuskan untuk berpisah. Namun berpisahnya bukan putus hubungan. "Aahhh pacaran kalo gag barengan terus gag seru donk ! gag bisa pegangan tangan ! gag bisa nyubit pipi pacar ! gag bisa meluk pacar ! gag bisa ngusap air matanya ketika dia sedih !" Anggapan-anggapan seperti itu sudah seharusnya dihilangkan bagi kalian yang sudah dewasa. Pacaran kalau hanya deket fisik saja tapi hatinya jauh tidak akan berjalan baik. Mendekatkan hati satu sama lain lebih dibutuhkan bagi sepasang kekasih yang pengen hubungannya langgeng. Bisa dilakukan dengan komunikasi yang rutin, saling mengerti satu sama lain. Saling terbuka juga diperlukan untuk mendekatkan hati kalian. Membicarakn setiap masalah yg dihadapi dan menyelesaikannya bersama. Saling mendukung dan memotivasi. Jadi bagi yang LDR jangan takut ya, seperti kata pepatah “JAUH DI MATA DEKAT DI HATI”.
  5. Hubungan jarak jauh merupakan sebuah penantian yang patut dibayar dengan kebahagiaan. LDR itu juga perjuangan. Selain memperjuangkan cinta agar bisa bersatu, mereka juga berusaha mempertahankan cintanya meski seringkali perasaan tak menenti. bayangkan saja rasa rindu pacar saat sedang tak disisi, hanya sms cinta yang menemani. Tak mudah lho menjaga perasaan dikala pasangan tidak dekat dan waktu seolah berjalan lambat. Maka jika kamu mampu, maka itulah usaha yang hebat. YOU ARE A GREAT LOVER.
  6. Berpacaran jarak jauh dapat meningkatkan kualitas hubungan. Berjuang melawan jarak dan waktu ibaratnya berjuang melawan diri sendiri. Kamu menahan ego dan nafsu untuk tetap menjaga hati dan dirimu untuknya seorang. Kalau hal ini saja sudah bisa dilakukan berdua, maka kalian siap untuk tantangan cinta berikutnya. kalian diberi tantangan dalam percintaan karena kalian mampu. Pada akhirnya, selalu ada hikmah dalam kegagalan maupun keberhasilan hubungan. LDR memang hubungan yang mitosnya tinggi resio, namun kamu bisa mematagkan mitos tersebut bila mau. GOOD LUCK FOR YOUR LOVE LIFE ! Nah, bagi pasangan yang sudah menikah namun masih harus terpisahkan jarak dan waktu maka LDR dapat meningkatkan rasa sayang dan saling menghormati satu sama lain yang luar biasa. Anda akan menjadi lebih menghargai pasangan anda. Rasa kangen yang teramat sangat juga dapat mendatangkan sifat lebih romantis. 
  7. Hubungan jarak jauh dapat mengurangi kebosanan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya gonta-ganti pacar. Ya, benar sekali memang rasa bosan itu dapat timbul ketika anda pacaran dan ketemu setiap hari. Melihat rumput tetangga yang lebih hijau memberikan kesempatan besar pasangan anda cepat bosan dengan anda dan memutuskan untuk mencari pasangan lain yang lebih darri anda. Percayalah..
  8. Berpacaran jarak jauh membuat anda lebih memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain yang lebih bermanfaat seperti belajar, membantu orang tua, dll. Dibandingkan orang yang menjalin hubungan normal, pasangan jarak jauh memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan sendirian. Waktu luang ekstra dapat Anda gunakan untuk melakukan kesibukan lain. Misalnya, membaca, bekerja keras, melakukan sesuatu yang kreatif, menghabiskan waktu dengan teman-teman lain.
  9. Manfaat pacaran / hubungan jarak jauh (LDR) yang terakhir adalah perasaan yang teramat sangat bahagia dan puas ketika anda berhasil melewati masa-masa LDR hingga menikah. Menikah serasa menjadi hadiah yang teramat besar ketika anda berhasil melewati masa-masa sulit yang diliputi kekhawatiran dan kecemburuan dikala masa pacaran jarak jauh.
Kekurangan dan Resiko Berpacaran Jarak Jauh / Hubungan Jarak Jauh (LDR) yang dilansir dari kabarsumbawa.com adalah sebagai berikut: 
  1. LDR akan membuat anda menjadi sulit dan jarang sekali untuk bertemu. 
    Jarak yang memisahkan kedua belah pihak membuatnya kesulitan untuk bertemu sehingga sering kali dihinggapi rasa sedih dan galau. Untuk bertemu saja harus memastikan waktu yang tepat dimana kedua belah pihak sama – sama tidak sibuk dan mengutamakan hari libur untuk waktu ketemuan.
  2. Berpacaran jarak jauh sangat rentan untuk mengundang terjadinya curiga yang berlebihan. Meskipun sudah saling percaya rasa curiga akan muncul karena pasangan merasa khawatir jika dikhianati. Karena jarak yang jauh beberapa orang pelaku LDR selalu merasa hal tersebut sering curiga dan takut jika pasangannya diambil orang. Untuk meminimalisir rasa curiga sebaiknya mengetahui lingkungan pergaulan pasangan dan cobalah berkenalan dengan teman jika sewaktu – waktu merasa curiga bisa bertanya beberapa hal kepada teman pasangan anda.
  3. Pasangan LDR terutama bagi cewek akan sering merasa berlebihan dengan jarak yang memisahkan. Wanita yang menjalani LDR lebih sering menangis jika dibandingkan dengan pasangan berpacaran jarak dekat. Wanita sangat sensitif dan selalu berfikir akan perasaannya sehingga ketika dirinya merasa kangen dan tak kunjung bertemu dengan pasangan menangislah cara utama untuk melampiaskan hal tersebut.
  4. Hubungan jarak jauh itu mahal. Berpacaran jauh itu memang mahal bagaimana tidak, untuk bertemu saja membutuhkan uang dalam jumlah cukup terutama untuk membeli bahan bakar kendaraan belum lagi kalau berencana akan jalan – jalan. Siapa bilang LDR tidak mahal sangat mahal jika LDR ini antar pulau. Jadi untuk mempertahankan suatu hubungan LDR ini membutuhkan pengorbanan dalam jumlah besar. Terlebih untuk pasangan yang sudah menikah namun masih berhubungan jarak jauh. Ia akn mengeluarkan uang lebih banyak untuk bisa hidup masing-masing dan untuk bisa bertemu setiap kalinya.
  5. Hubungan jarak jauh (LDR) memiliki resiko lebih tinggi untuk terjadinya perselingkuhan. 
    Hubungan jarak jauh rentan akan perselingkuhan. Hadirnya pihak lain yang selalu ada di masa-masa sulit tentu bisa membuat kesetiaan seseorang menjadi goyah. Tidak hanya pria yang rentan akan perselingkuhan, wanita pun bisa tergoda dengan pria lain. Hal ini juga dikarenakan antara masing-masing pihak tidak dapat mengontrol ketat pasangannya.
Nah itulah sobat beberapa macam kelebihan dan kekurangan serta manfaat dan resikonya berpacaran / berhubungan jarak jauh (LDR). Beberapa tips dari penulis untuk orang-orang yang berpacaran / berhubungan jarak jauh (LDR): Sebetulnya kekurangan  dan resiko dari LDR dapat kita hindari jika kita benar-benar saling percaya dan saling menyayangi sehidup semati serta saling menguatkan satu sama lain. Untuk menghindari hal-hal yang negatif dari LDR untuk anda dan pasangan anda sebaiknya juga harus dibentengi dengan iman dan takwa yang kuat sehingga menyadari bahwa perselingkuhan adalah hal yang berdosa dan tidak ada manfaatnya. Ya intinya tetaplah berpegang teguh pada prinsip masing-masing, saling menguatkan satu sama lain dan senantiasa luangkan waktu anda untuk menyapa pasangan anda walaupun hanya melalui telepon atau SMS. 

Baiklah teman, itulah sedikit yang bisa penulis reviewkan untuk para pembaca sekalian. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai penguat hati anda bila anda saat ini sedang menjalani hubungan jarak jauh, dan sebagai pertimbangan bila anda akan menentukan pilihan untuk hidup jarak jauh dengan pasangan anda. Namun percayalah bahwa tidak sedikit orang yang tetap harmonis dan sukses walaupun merreka hidup jarak jauh.

Salam..

Keuntungan dan Kerugian LDR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment