Thursday, February 16, 2017

Keuntungan dan Kerugian dari Sosial Media (Sosmed)

Kelebihan dan Kekurangan Dari Sosial Media (SOSMED)

Sosial media kian hari semakin memikat para penggunanya. Banyak fitur yang ditawarkan dan hampir setiap tahun diperbarui demi bmemberikan kenyamanan bagi penggunanya. Sebagai contoh facebook, whatsapp, BBM dan instagram, hampir tiap tahun mereka selalu mengupdate aplikasinya demi menambahkan fitur-fitur terbarunya. Smartphone memberikan andil yang besar terhadap pemakaian dan penyebaran sosial media.

Saat ini hampir setiap orang memiliki sosial media, mungkin bagi sebagian orang banyak yang menganggap jika tidak mengikuti sosial media maka orang tersebut dianggap katro atau ndeso. Memang benar sosial media memberikan kontribusi yang cukup penting bagi penyebaran informasi dan cukup membantu dalam hubungan sosial antar manusia.

Tidak sedikit orang yang sudah memanfaatkan sosial media untuk menghasilkan uang sampingan bahkan melalui sosial media ia jadikan sebagai penghasilan utama loh.. Saat ini banyak orang yang sudah memanfaatkan sosial media untuk berjualan, mempromokan usahanya serta menjaring orang atau pegawai baru untuk ikut dalam usahanya.

Pentingnya sosial media juga tidak pernah lepas dari penyebaran berita dan informasi yang ada di masyarakat. Sebagai contoh saat ini saat ramai-ramainya PILKADA, sangat terasa sekali bahwa sosial media benar-benar membantu kita untuk mendapatkan sekaligus menyebarkan informasi.

Baiklah, pada kesempatan ini kita akan bahas bersama tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Sosial Media (baik Twitter, Faccebook, Whatssapp, BBM, Line, Insagram, Telegram, Vine, dll) bagi Masyarakat. Semoga kita sebagai warga Negara Indonesia dapat memanfaatkan sosial media dengan bijak sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Harapan kita dengan adanya sosial media maka kita akan semakin pandai terhadap informasi dan berita, kita juga dapat memanfaatkan sosial media juga sebagai sarana usaha dan sarana silaturahmi dan komunikasi.
Manfaat dan Keburukan dari Sosial Media (SOSMED)
Berikut beberapa Kelebihan dan Manfaat dari Sosial Media Bagi Masyarakat:

  1. Dengan adanya sosial media yang jauh bisa terasa dekat, komunikasi yang dahulu hanya dengan menggunakan telepon dan surat, saat ini sudah jauh berkembang dengan video call dan instan massage yang begitu cepat dalam hitungan detik pesan sudah dapat langsung diterima penerima pesan.
  2. Sosial media memudahkan kita untuk saling berkomentar dan menanggapi serta memberi saran terhadap orang lain. Sebagai contoh ada temen kita yang sedang berlibur dan menshare fotonya, maka dalam detik yang sama kita bisa langsung menanggapi dan memberikan komentar.
  3. Sosial media dapat dijadikan sarana berjualan. Ya, banyak orang yang bersyukur dengan adanya sosial media, sebab mereka dapat memasarkan barang dagangannya hingga tak terbatas tempat dan waktu. Hingga siapa saja bisa melihat brang dagangannya tanpa bertemu langsung dengan penjualnya.
  4. Sosial media dapat dengan cepat untuk menyebarkan informasi dan berita. Sehingga setiap orang juga dapat dengan cepat mengakses berita tersebut melalui sosial media.
  5. Melalui sosial media, orang juga dapat menemukan jodohnya. Tidak sedikit loh orang ynag berkenalan melalui sosial media kemudian sampai ke jenjang pernikahan.
  6. Selain untuk berjualan, sosial media juga dapat digunakan sebagai media promosi kegiatan sebuah instansi atau perusahaan sehingga orang-orang akan mudah tertarik dengan informasi yang diberikan melalui sosial media tersebut.
  7. Tanpa kita sadari ternyata dari sosial media juga banyak bermunculan orang-orang terkenal yang hebat dan menjadi viral. Singkatnya media sosial (medsos) dapat membuat orang menjadi terkenal.
Kekurangan dan Kelemahan dari Sosial Media (SOSMED) :
  1.  Media sosial dapat dijadikan alat atau sarana untuk berjualan atau bertransaksi barang haram yang dapat merugikan generasi penerus bangsa.
  2. Media sosial juga sering disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk menyebarkan gosip bahkan berita yang tidak jelas kebenarannya (hoax). Melalui medsos juga tidak sedikit orang yang ditipu dan difitnah.
  3. Media sosial membuat anak cenderung ketagihan untuk terus menggunakannya, hingga anak-anak menjadi lalai untuk belajar. Bahkan tidak hanya anak-anak yang mudah kecanduan media sosial, orang tuapun banyak sekali yang ikut menggunakan sosial media bahkan terkadang orang tua lebih eksis dan frekuensinya lebih sering dalam menggunakan media sosial.
  4. Media sosial dapat mengganggu pekerjaan. Sering sekali kita lihat orang yang sedang bekerja selalu bermain smartphonenya, orang sedang berkendara juga bermain dengan smarphonenya, bahkan orang  sedang beribadah terkadang juga disambi dengan bermain smarphone, Astghfirullohal'adzim..
  5. Meskipun sosmed dapat mendkatkan yang jauh, ternyata sosmed juga dapat menjauhkan yang dekat. Terang saja, orang yang sedang duduk bersama, berkumpul, makan bersama tapi nyatanya mereka sibuk dengan smartphone masing-masing. Lalu apa gunanya ngumpul ya? hihi..
  6. Sosial media sangat mudah dipalsukan, sehingga banyak bermunculan akun-akun palsu yang banyak digunakan oleh orang-orang jahat untuk menipu, memeras bahkan menculik seseorang. Seperti berita baru-baru ini yang sedang marak yaitu kasus penculikan siswa yang ternyata diawali dengan perkenalan melalui media sosial facebook contohnya.
  7. Sosial media dapat membuat kecanduan penggunanya. Perilaku boros sangat mungkin terjadi dengan adanya sosmed. Perilaku apatis juga merupakan salah satu efek dari sosial media. Banyak orang yang menjadi malas dan lebih memilih bersantai dengan sosmednya dari pada melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.
Nah, itulah sedikit ulasan yang dapat penulis berikan tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Sosial Media (SOSMED). Tidak disangka ya ternyata selain banyak manfaatnya, sosmed juga ternyata banyak keburukannya. Harapan penulis, semoga kita kembali lebih bijak dalam memanfaatkan tekhnologi khususnya sosial media (SOSMED) supanya bukan kerugian yang kita peroleh, tapi manfaat yang kita dapatkan. Baiklah, mulai saat ini kita ambil sisi positif dan buang sisi negatif dari sosial media. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.. 

Salam.. Warsono, AMK (wass).

Keuntungan dan Kerugian dari Sosial Media (Sosmed) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

2 comments:

  1. artikel bermanfaat sekali, saya Ari kunjungi website saya di https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pak, semoga bermanfaat untuk banyak orang dan menambah wawasan..

      Delete