Wednesday, February 8, 2017

Keuntungan dan Kerugian Mengkonsumsi Obat Herbal

Seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan tekhnologi, saat ini manusia mulai berfikir untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kesehatan secara herbal atau alami. Untuk saat ini obat-obatan herbal sangat mudah kita dapatkan baik di toko-toko obat, apotek maupun secara online. Oleh karena obat-obatan herbal dibuat dari bahan-bahan alami maka banyak orang yang yakin dan percaya bahwa mengkonsumsi obat-obatan herbal tidaklah berbahaya. Namun satu hal yang perlu pembaca ketahui bahwa mengkonsumsi obat herbal tidak selamanya membuahkan hasil yang diharapkan. Terlebih saat ini banyak sekali obat herbal tiruan / atau palsu yang produksinya belum / tidak lulus BPOM. Anda juga jangan sampai tergiur oleh khasiat dan manfaat serta hrga obat herbal yang murah namun belum lolos uji BPOM nya. Jadi intinya sebelum anda membeli atau menggunakan produk-produk obat herbal pastikan dahulu uji dan izin BPOM nya sudah terdaftar apa belum.

Keuntungan dan Kerugian Mengkonsumsi Obat Herbal. Sumber gambar: infosehatkeluarga.com
Baiklah teman-teman pembaca sekalian, supaya dapat mengatasi kegalauan dan keingintahuan anda pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas kembali tentang Keuntungan dan Kerugian dari Mengkonsumsi Obat Herbal. Langsung saja ya..

Keuntungan dan Manfaat Obat Herbal:
  1. Obat-obatan herbal berasal dari bahan yang alami. Ya, dilihat dari katanya saja sudah "herbal=alami" jadi sudah dapat dipastikan bahwa obat-obatan herbal berasal dari bahan-bahan yang alami.
  2. Semua bahan yang alami memberikan manfaat yang baik bagi tubuh dan kesehatan jika dikonsumsi secara benar dan sesuai indikasi. Pada jaman dahulu orang-orang desa atau bahkan tabib dari Cina dalam mengobati orang sakit hanya menggunakan bahan-bahan yang terkandung di alam, seperti akar-akaran, daun-daunan dan buah-buahan.
  3. Obat herbal lebih praktis dan ekonomis. Ya, benar sekali bahwa dengan tekhnologi yang canggih seperti sekarang ini, ketika anda ingin mengkonsumsi obat-obatan herbal tidak perlu lagi merebus atau memarut untuk mendapatkan khaiat dari alam. Namun saat ini anda tinggal meminum sebuah kapsul yang didalamnya sudah berisi lengkap sari pati obat herbal dari alam, praktis bukan? Soal harga tentunya obat herbal pasti lebih murah dari obat-obat kimia, hal ini disebabkan karena bahannya yang angat mudah diperoleh dari alam dan sangat melimpah.
  4. Obat-obatan herbal diyakini tidak menimbulkan efek samping. Ya, benar sekali anda bahwa sebenarnya obat herbal itu tidak menimbulkan efek samping jika: bahan-bahannya diperoleh dengan cara yang benar, dikonsumsi sesuai dosis dan indikasi serta sudah lulus uji laboratorium Badan POM Indonesia.
  5. Manfaat dan Resiko Mengkonsumsi Obat Herbal. Sumber gambar: manfaat.co.id
  6. Mengkonsumsi obat herbal dapat memberikan rasa tenang dan rileks pada diri anda. Hal ini disebabkan karena pada pikiran kita sudah berisi mindset yang psoitif tentang obat herbal adalah obat yang alami, sehingga ketika anda mengkonsumsinya anda tidak khawatir dan takut lagi tentang efek samping dari obat herbal tersebut.

    Kerugian dan Resiko Mengkonsumsi Obat Herbal:
    Selain memberikan manfaat yang luar biasa banyak bagi kesehatan dan keuangan anda, ternyata mengkonsumsi obat herbal juga memiliki kekurangan dan resiko, diantaranya:
    1. Obat-obatan herbal masih belum direkomendasikan untuk pengobatan di Rumah sakit. Ada beberapa rumah sakit di Indonesia yang mengizinkan pasiennya untuk mengkonsumsi juga suplemen atau obat herbal yang biasa paien konumsi. Namun sebagian besar dari rumah sakit di Indonesia belum mengizinkan pasiennya mengkonsumsi obat-obatan herbal, kecuali si pasien sudah keluar dari Rumah Sakit. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kekhawatiran tentang obat herbal tersebut. Jika tetap dilanggar dan dipaksa meminum obat herbal, dokter dan rumah sakit tidak akan bertanggung jawa dengan keadaan yang ditimbulkan dari efek obat herbal anda.
    2. Obat herbal belum / tidak direkomendasikan oleh dokter. Nah, ini merupakan satu hal yang sangat penting, sebab pasien akan tenang dalam meminum obat jika mendapat saran dari dokter, sedangkan untuk saat ini belum banyak dokter yang menyarankan pasiennya menggunakan produk-produk obat herbal. hmmm jadi takut kan?
    3. Konsumsi obat herbal dengan cara yang tidak benar dapat membahayakan kesehatan dan tubuh anda. Benar sekali bahwa mengkonsumsi obat adalah cara kita untuk memperoleh kesembuhan dari penyakit. Nah penggunaannya pun harus tepat sesuai dengan indikasi dan dosisnya. Nah yang jadi masalahnya kan kita tidak siapa yang memberi tahu dan saran dari siapa dosis obat herbal tersebut? Meskipun sebenarnya sudah ada dalam brosur / kemasan obat tersebut, namun pasti kita tetap akan takut kan..
    4. Obat herbal masih membutuhkan waktu yang lama untuk mengobati suatu penyakit. Berbeda dengan obat kimia yang meberikan efek spesifik terhadap penyakit yang anda derita, sehingga sudah dipastikan obat kimia akan memberikan waktu penyembuhan terhadap penyaki yang anda derita lebih cepat dibandingkan dengan obat herbal.
    5. Tidak semua obat herbal harganya murah. Ya, benar sekali bahwa obat herbal dengan kualitas yang sangat baik dan benar-benar asli dari bahan yang alami banyak yang harganya sangat mahal bahkan berkali-kali lipat dari harga obat kimia.
    6. Banyak obat-obat herbal yang tiruan. Berbeda dengan obat kimia yang produksinya hanya boleh dilakukan oleh beberapa pabrik saja serta dengan pengawasan yang ketat obat kimia sangat sulit untuk dipalsukan. Sedangkan untuk obat herbal banyak pabrik yang bermunculan bahka terkadang ada yang licik dengan cara mencampurkan obat kimia kedalam obat herbal agar kerjanya lebih cepat melawan penyakit. Ngri kan?
    7. Obat herbal yang resmi masih sulit dicari. Tidak semua apotek menjual obat-obatan herbal yang anda inginkan. Toko-toko obat herbal juga terkadang tidak menjamin tentang keaslian dari obat herbal tersebut. Namun masih banyak juga kok toko-toko obat herbal yang benar-benar menyediakan obat herbal yang asli dan aman untuk dikonsumi masyarakat.
    Oke sobat, itulah beberapa macam ulasan penulis tentang Keuntungan dan kerugian serta Manfaat dan Keunggulan dari Obat herbal. Dalam hal ini penulis tidak melarang para pembaca untuk mengkonsumsi obat herbal, soalnya penulis sendiri juga suka mengkonsumsi obat herbal kok. Hanya saja dalam pemilihan dan cara konsumsi obat herbal, anda harus benar-benar mematuhi aturan yaitu sesuai dosis dan indikai agar tidak ditemukan adanya penyakit lain dikemudian hari. Oke, semoga tulian ini bermanfaat ya.. 

    Salam hangat dari penulis..

    Keuntungan dan Kerugian Mengkonsumsi Obat Herbal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

    0 comments:

    Post a Comment