Sunday, October 2, 2016

Keuntungan dan Kerugian Tinggal di Rumah Mertua

Kelebihan & Kekurangan Tinggal di Rumah Mertua

Menikah merupakan hal yang paling berkesan di dalam kehidupan. Menikah bagi pemeluk agama Islam merupakan upaya untuk menyempurnakan separo dari Agama. Ya, begitu indah pernikahan itu. Namun, apa jadinya ya jika sudah menikah namun masih tetap tinggal serumah dengan orang tua, baik itu dari suami maupun istri? Banyak yang beranggapan bahwa tinggal serumah dengan mertua itu menakutkan, tidak bebas, tertekan, bahkan sering menimbulkan konflik. Namun tidak sedikit juga pasangan yang merasa begitu nyaman tinggal serumah dengan orang tua / mertua. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit berbagi tentang Keuntungan dan Kerugian Tinggal Serumah dengan Mertua. Penulis juga akan menyajikan Enak dan Tidaknya tinggal Serumah dengan Mertua. Hal ini berdasarkan pengalaman penulis yang saat ini masih tinggal serumah dengan mertua loh.. Pingin tau ceritanya? Yukz Cekidot..

Keuntungan tinggal serumah dengan mertua:
  1. Tinggal dirumah mertua dapat menjalin kedekatan antara anak menantu dan mertua. Ya, ketika kita tinggal di rumah mertua kita, tentunya hampir setiap hari kita akan selalu kontak dengan kedua mertua kita, nah disitulah kedekatan antara anak dan orang tua akan semakin hangat dan harmonis. Sering ngobrol juga bisa dijadikan cara agar kita betah tinggal di rumah mertua.
  2. Tinggal di rumah mertua dapat menghemat biaya / pengeluaran sehari-hari. Betul sekali, hal ini cocok untuk pasangan yang baru menikah. Jika kita ingin hidup irit, pilihan tinggal seruamh dengan orang tua sangatlah dianjurkan. Anda dapat lebih hemat dalam hal pengeluaran, anda tidak perlu sewa rumah, anda tidak perlu beli bahan-bahan makanan, anda tidak perlu bayar listrik, anda tidak perlu bayar pajak bangunan,dll. Namun jika anda tinggal serumah dengan orang tua setidaknya anda ikut iuran lah setidaknya buat beli bumbu dapur ibu mertua, alias jangan pelit-pelit banget, hehe.
  3. Lebih banyak waktu istirahat. Bagi anda yang bekerja dari pagi hingga sore, pilihan tinggal di rumah mertua sangat tepat, ketika anda kelelahan setalah pulang kerja, setidaknya anda sudah tidak terbebani dengan pekerjaan rumah tangga, khususnya bagi anda yang perempuan. Berbeda dengan ketika anda sudah punya rumah sendiri meskipun anda kelelahan setelah seharian bekerja, namun anda tidak bisa lari dari tanggung jawab sebagai istri tentunya. Anda harus tetap menyediakan makan keluarga dan membersihkan rumah anda. 
Kerugian dan resiko tinggal serumah dengan mertua:
  1. Tidak selalu tinggal serumah dengan orang tua / mertua selalu menimbulkan keharmonisan. Tidak sedikit juga pasangan yang tinggal serumah dengan mertua akan timbul cek cok, ribut bahkan bertengkar yang sering disebabkan karena masalah ekonomi. Anda yang terlalu malas juga dapat menyebabkan cibiran yang tidak enak dari anggota keluarga anda. Sebab anda tidak tinggal sendiri, melainkan ada adik atau kaka mungkin yang masih tinggal serumah dengan mertua anda.
  2. Kebebasan anda sedikit dibatasi. Ya, inilah hal yang paling mungkin terjadi ketika anda tidak segera mencari rumah sendiri ketika anda sudah menikah. Bagi anda yang sedikit pemalas, tinggal serumah dengan mertua sangat tidak dianjurkan, sebab hal ini akan menimbulkan cibiran-cibiran kecil yang dapat membuat kita tidak betah tinggal di rumah mertua. Pulang dari kerja yang mungkin seharusnya anda bisa langsung tidur, namun ketika anda tinggal di rumah mertua setidaknya anda harus berbasa basi dulu atau setidaknya ngobrol dahulu dengan orang tua anda. Ketika hari libur anda misalnya ingin bangun siang, maka ketika anda masih numpang dirumah mertua maka hal itu sulit dilakukan. Kalo anda tetap nekat serius tidak malu?? hehe. Nah, ketika anda rajin, maka mertua anda akan sayang pada anda. Karena, rajin merupaka salah satu cara agar mertua sayang kepada menantunya.
  3. Tetap mengeluarkan biaya. Nah, meskipun kebutuhan tempat tinggal dan makanan anda sudah ditanggung oleh mertua anda, namun apakah anda tega kalo anda tidak ikut iuran untuk setidaknya beli bumbu dapur atau sabun cuci? Apalagi ketika anda punya adik dan adik anda minta dibelikan sesuatu apakah anda tidak malu jika tidak membelikannya?
  4. Siap-siap mendapat sindirian atau cibiran dari tetangga yang kurang suka dengan keluarga anda. Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya kita akan bersinggungan dengan banyak orang dengan berbagai macam kepribadiannya. Kita tidak bisa mencegah ataupun menyuruh agar seseorang suka dengan kita. Jadi kita harus siap akan kondisi yang mana ada yang suka dan pasti ada juga yang tidak suka dengan kita.
Begitulah beberapa hal terkait kehidupan pasca menikah jika anda tidak segera memberanikan diri untuk hidup mandiri bersama keluarga kecil anda. Tinggal di rumah orang tua / mertua memang enak, tapi lebih enak tinggal di rumah sendiri. Semuanya kita yang menjalankan dan kita juga yang akan merasakan.. Salam..

Keuntungan dan Kerugian Tinggal di Rumah Mertua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment