Friday, November 27, 2015

Keuntungan dan Kerugian Bekerja Menjadi Bidan

Foto Profesi Bidan
Seperti halnya dengan profesi perawat, bekerja dan berprofesi menjadi bidan juga mempunyai keuntungan dan kerugiannya. Keuntungan dan kerugian bekerja, berprofesi dan sekolah menjadi atau kuliah menjadi bidan ini semoga bisa menambah semangat atau bisa menjadi panduan bagia anda yang akan melanjutkan kuliah atau akan memilih profesi menjadi bidan. Penulis juga berharapa agar tulisan ini tidak menjadi bahan diskriminasi ataupun bahan ejekan dari sesama profesi kesehatan. Akan tetapi penulis mencoba menulis berdasarkan fakta yang ada dalam kehidupan sehari - hari.

Keuntungan Bekerja Menjadi Seorang Bidan:


  1. Tahukah anda bahwa anda lahir dari tangan seorang bidan? ya, dialah yang membantu ibumu membawamu ke alam dunia yang indah ini. Berbagai upaya perjuangan telah ibumu dan juga bidanmu usahakan bersama saat kau masih didalam kandungan ibumu hingga kamu lahir. Profesi bidan itu sangat mulia teman. Disaat orang - orang hanya bekerja untuk mendapatkan uang atau gaji yang banyak, namun seorang bidan tidak hanya memperoleh itu saja. disamping profesi bidan akan memperoleh gaji yang banyak, bidan juga insyaAlloh akan mendapat pahala dari setiap langkahnya, sebab dia bekerja untuk menolong sesama yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain kecuali hanya bidan, ya.. itulah nikmat anda menjadi seorang bidan. Pahala yang besar siap menanti anda.
  2. Kuliah bidan merupakan perkuliahan yang waktunya cukup singkat, yaitu hanya 3 tahun untuk menyelesaikan gelar diploma 3 Kebidanan anda. Hanya dengan belajar selama 3 tahun setelah itu anda akan mendapatkan pekerjaan dan gaji serta pahala yang siap menjemputmu.
  3. Istri seorang bidan masih menjadi dambaan para prajurit TNI dan Polisi loh.. Banyak kan kita temui bidan yang memiliki suami polisi dan TNI? yah.. itulah hebatnya seorang bidan. Mampu menggaet seorang TNI dan Polri hanya dengan namanya.
  4. Bidan itu juga dambaan bagi para calon ibu dan bapak mertua loh. Dijaman seperti sekarang ini banyak para orang tua yang masih menginginkan dan berharap agar anaknya bisa menikah dengan seorang bidan loh.. entah apa penyebabnya penulis juga kurang tau,, hehe..
  5. Menjadi bidan masih mempunya pandangan yang positif dalam masyarakat, khususnya pada masyarakat pedesaan. Di pedesaan para bidan masih sangat dihargai, dihormasti, disayangi dan disegani. Sebab selain bisa melahirkan, bidan juga bisa memberikan pengobatan sederhana untuk orang atau warga yang sakit.
  6. Berbeda dengan perawat, bidan bisa mendirikan praktek mandiri atau buka praktek mandiri yang berwujud Bidan Praktek Swasta (BPS) dan Bidan Praktek Mandiri (BPM). Disini anda dapat memberikan penyuluhan mandiri, pengobatan mandiri dan asuhan persalinan mandiri.
  7. Menjadi bidan bisa juga membuka peluang untuk membuka lowongan pekerjaan untuk bidan lainnya atau lulusan bidan fresh graduate untuk bekerja di BPS atau BPM anda.
Kerugian Bekerja Menjadi Seorang Bidan:
  1. Disamping banyaknya kelebihan seorang bidan atau profesi kebidanan, tentunya profesi bidan juga mempunya beberapa kekurangan yaitu lapangan kerja yang sempit. Hal ini disebabkan semakin banyaknya lulusan kebidanan yang dicetak setiap tahunnya sedangkan para bidan yang pensiun masih sedikit. Sehingga sudah dapat dipastikan penumpukan lulusan bidan akan terjadi.
  2. Mahalnya biaya kulian D3 Kebidanan. Meskipun waktu tempuh kuliah D3 Kebidanan cukup singkat, namun biaya yang dibutuhkan untuk kuliah Kebidanan cukup besar dibandingkan dengan kuliah di Keperawatan.
  3. Mudah terpapar atau beresiko sekali terhadap penularan penyakit apabila alat perlindungan dirinya tidak dipakai saat bekerja.
  4. Menjadi bidan harus siap jauh dari orang tua dan keluarga, sebab jika anda ingin maju anda harus berani bekerja menjaddi bidan PTT ataupun harus mencari lowongan kerja di kota - kota besar. Sebab hanya di kota - kota besar banyak dibuka lowongan pekerjaan untuk bidan entah itu rumah sakit maupun klinik. Nah, untuk menjadi bidan PTT yang sukses, anda harus siap ditempatkan didaerah pelosok yang terpencil yang masih minim fasilitas umum dan kesehatan, sebab disananlah banyak dibuka lowongan kerja bidan PTT Terbaru di Indonesia.
  5. Menjadi bidan harus siap membagi waktunya yang untuk keluarga menjadi untuk para pasiennya.
Mulianya menjadi seorang bidan semoga senantiasa menjadi penyemangat anda dalam bekerja. Jika balasan atau penghargaan mengenai profesi pekerjaan anda didunia tidak terlalu besar maka yakinlah di akhirat nanti keindahan akan menantimu. Oleh karena itu, pesan penulis bagi para bidan di Indonesia ikhlaslah kalian dalam bekerja, awali selalu pekerjaan anda dengan doa, semoga pekerjaan mulia anda bernilai ibadah.. amin..

Semoga Bermanfaat..

Keuntungan dan Kerugian Bekerja Menjadi Bidan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment